Minggu, 15 Desember 2013

Uhang Pundak

Apakah kamu pernah mendengar legenda kurcaci?
Tahukah kamu, legenda mengenai para kurcaci tersebut tidak hanya terdapat di eropa. Indonesia dengan keragaman budayanya juga mempunyai legenda mengenai makhluk berukuran pendek tersebut.



Hal ini berawal ketika pada tahun 1927, seorang zoologist asal belanda memberikan kesaksian mengenai kurcaci indonesia yang terdapat di hutan pedalaman sumatera tepatnya di taman nasional kerinci. Mr. Van Heerwaden mengatakan bahwa ia melihat segerombolan makhluk setinggi anak kecil dengan rambut sebahu. Awalnya ia mengira mereka adalah primata hutan sejenis Siamang, dll. Akan tetapi ia takjub ketika para makhluk kerdil tersebut membawa peralatan seperti tombak untuk berburu. Ketika itulah ia sadar bahwa apa yang dilihatnya bukanlah binatang, melainkan spesies manusia yang telah mengenal tata cara berburu. Karena pada dasarnya tidak mungkin bila monyet -monyet penghuni hutan membawa senjata seperti tombak untuk berburu.
Tidak hanya Mr. Van Heerwaden, suku anak dalam penghuni asli hutan taman nasional kerinci juga ternyata telah berabad-abad menyadari eksistensi mereka. Sayangnya hingga kini keberadaan mengenai kurcaci tersebut belum dapat dibuktikan melalui bukti otentik seperti video dan foto. Mungkin eksistensi mengenai kurcaci hutan tersebut menjadi misteri hingga kini.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar