Jumat, 06 Desember 2013

Misteri Nitrogen yang dapat membunuh manusia (Dekompresi Illness)


Hy sahabat Investigasi Misteri, setelah beberapa waktu lalu penulis mengajak anda mengikuti artikel singkat mengenai fenomena emboli gas yang dapat membunuh manusia. kali ini penulis akan kembali mengajak anda untuk membahas fenomena lain mengenai udara yang dapat membahayakan kehidupan anda.

Nitrogen merupakan bagian dari zat yang paling dominan di muka bumi. terutama di kerak bumi, bagaimana tidak, 78 persen atmosfer bumi di huni oleh molekul2 nitrogen. ini berarti sebagian besar udara bumi merupakan nitrogen.



Bahkan DNA manusia juga terbentuk atas kontribusi atom nitrogen didalamnya. Akan tetapi tahukah anda bahwa disaat tertentu manusia dapat terbunuh oleh Nitrogen. Fenomena tersebut dalam kedokteran biasa disebut dengan penyakit dekompresi.

Berbeda dengan Fenomena Emboli gas yang terjadi ketika gelembung-gelembung udara masuk ke peredaran darah dan kemudian menyumbat aliran darah, Penyakit dekompresi terjadi ketika paru-paru manusia bekerja begitu cepat dan menyerap nitrogen terlalu banyak daripada semestinya sehingga nitrogen-nitrogen tersebut berubah menjadi racun.

Hal ini terjadi biasanya ketika seseorang sedang berenang atau menyelam dalam waktu yang lama. ketika tubuh menghadapi tekanan dan paru-paru bernafas terlalu cepat. disaat itulah nitrogen-nitrogen tersebut tidak dapat dinetralisir tubuh sehingga merusak sistem kerja pernafasan, bahkan dalam beberapa kasus anda akan terserang stroke bahkan kematian. gejala paling ringan adalah melepuhnya kulit tubuh anda akibat nitrogen-nitrogen tersebut.


contoh korban penyakit dekompresi

Biasanya ini terjadi ketika kita sedang melakukan aktifitas renang. Jadi, bagi anda yang senang dengan aktifitas renang dan menyelam, ada baiknya berhati-hati ketika melakukan kegiatan tersebut, karena disaat-saat tertentu gas nitrogen yang mestinya bersahabat dengan anda bisa jadi malah berbalik menjadi pembunuh. berhati-hatilah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar