Selasa, 27 Maret 2012

Petroglyph





Pada zaman prasejarah sebelum manusia mengenal tulisan, beragam cara dilakukan manusia prasejarah untuk menulis informasi yang mereka peroleh dari alam sekitar. Diantaranya adalah dengan metode Petroglyph. Petroglyph adalah gambar yang dipahat diatas batu2 baik di dalam maupun diluar goa, dengan cara memahat atau dengan cara membubuhkan zat tertentu di atas batu.

Petroglyph di Utah, USA. 
Petroglyph biasanya berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh2an. Gambar tersebut merupakan interpretasi mereka terhadap alam sekitar yang pada saat itu kehidupan mereka biasanya selalu berpindah-pindah dari satu gua ke gua lain. Sehingga untuk meninggalkan jejak, mereka menggunakan Petroglyph, agar dapat berbagi informasi ataupun sebagai penanda bahwa mereka pernah menginjakan kaki di gua tersebut.

Petroglyph di Eropa
Petroglyph tertua yang prnh tercatat berumur sekitar 10.000 s/d 12.000 tahun yang lalu sebelum zaman sejarah dimulai ribuan tahun yang silam. Petroglyph ditemukan di seluruh dunia, mulai dari Asia, Eropa, Afrika, bahkan Amerika. Sifat nomaden manusia purba membuat banyak ditemukannya Petroglyph di berbagai gua di belahan dunia. Tapi bagaimana bisa Petroglyph menjadi sebuah peninggalan lintar cultural? mari kita ulas lebih lanjut di bawah ini.

Fakta tentang Petroglyph.

Ada berbagai spekulasi mengenai Petroglyph, di antaranya adalah :

  • Banyak ahli berpendapat Petroglyph merupakan suatu Ritual upacara, Banyak petroglyph melambangkan kekaguman manusia purba terhadap Roh leluhur, dan menggambarkan berbagai macam Ritual upacara manusia purba.
  • Petroglyph yang terdapat di berbagai kebudayaan dunia merupakan representasi mereka terhadap alam skitar, seperti hewan buruan, sungai, gunung, manusia, dan berbagai tempat yang sering mereka singgahi di alam liar.
  • Tapi ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa, ditemukannya kesamaan Petroglyph diberbagai kebudayaan dunia adalah hasil dari kesamaan struktuk genetik dari manusia itu sendiri, sehingga tidak heran Petroglyph di berbagai kebudayaan dunia serupa tapi tak sama, karena struktur genetik otak homo sapiens adalah sama.
  • Manusia diciptakan punya daya artistik yang tinggi, bahkan manusia primitive pun telah mempunyai jiwa artistik yang tinggi yang kemudian mereka tuangkan dalam lukisan di dinding batu.

Apapun itu Petroglyph merupaka suatu bukti kebesaran Allah, SWT. Yang telah menciptakan makhluk berintelegensi tinggi. Petroglyph menjadi sebuah kekayaan budaya yang tak ternilai karena menyimpan ribuan informasi dari nenek moyang kita yang bisa kita jadikan pelajaran bagi kehidupan manusia kini dan di masa yang akan datang.

>>I.M<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar