Minggu, 25 Maret 2012

Naga




Berbagai kebudayaan dunia menyimpan berbagai macam  makhluk mytos. Tak jarang makhluk mytos berhubungan langsung dengan Fakta dari dunia nyata, namun apa jadinya bila terdapat mitos yang serupa dan seragam di berbagai kebudayaan dunia, apakah memang hal itu  kebetberdasarkan kisah nyata. contoh peri, kuda terbang, naga, mereka ditemukan di berbagai kebudayaan dunia. Pada artikel ini kita akan menelusuri sosok naga yang entah kebetulan atau tidak terdapat di berbgai kebudayaan besar di dunia.

Naga di Inggris dan Eropa/

Naga di Eropa
Pada masa feudal, dimana kala itu castle2 mulai berdiri, mulai berkembang mytos tentang naga. Naga di ibaratkan sosok monster yang setiap saat dapat mengancam kehidupan manusia kala itu. Dan barang siapa ada ksatria yang berhasil membunuh naga akan menjadi pahlawan pada saat itu.
Perburuan naga pun seketika itu dimulai, satu persatu naga di buru dan di bunuh para ksatria. Walaupun mempunyai kekuatan yaitu dapat menyemburkan api dari dalam mulutnya, namun para naga tak mampu mengimbangi jumlah para ksatria kala itu. Hingga akhirnya naga pun punah, dan naga terakhir telah kembali ke langit. Itu adalah versi menurut peradaban barat kebanyakan, naga sering digambarkan sebagai monster yang harus di musnahkan.


Naga di China.

Sedangkan di china naga dianggap sebagai hewan suci, dan mendapat posisi setara dengan dewa pada bangsa china. Naga dianggap sebagai jelmaan dari Roh orang suci yang terbang ke langit namun belum dapat menembus hingga langit tingkat atas, namun menjelma menjadi naga.

Img By: Wikipedia

Selama penjelmaan itu naga pun tertidur di bumi, dan ketika telah cukup waktunya maka sang naga pun terbang ke langit karena telah mempunyai kekuatan dan para naga di anggap dewa oleh masyarakat china. Mereka pun menganggap naga sebagai penjaga keseimbangan fengshui di china, oleh karena itu terdapat berbagai ukiran naga di setiap tempat peribadatan orang2 tionghoa, karena di anggap sebagai pembawa keberuntungan.

Legenda mengenai naga ini telah berusia ribuan tahun hingga naga menjadi makhluk fengshui utama china dan menjadi ikon fengshui hingga saat ini. 


Naga di berbagai belahan dunia,

Di kalimantan sendiri naga dipercaya sebagai penjaga alam bawah, Di India naga diyakini adalah anak seorang Resi bernama Kasyapa, pada suku jawa lambang naga di gambarkan di berbagai peralatan alat musik karena diyakini naga adalah sosok penjaga bagi mereka.


Kesimpulan :

Ada beberapa kemungkinan mengenai Naga ini, berikut kemungkinannya.
  1. Naga adalah Makhluk Hoax dan hanya sebuah khayalan yang terinspirasi dari hewan2 di bumi, seperti ular, buaya, dll.
  2. Naga merupakan spesies hewan yang telah lama punah, namun tidak memiliki kemampuan super, naga hanyalah hewan biasa. 
  3. Naga adalah nyata, namun berbeda di setiap kebudayaan karena mengalami adaptasi kultur budaya hingga terdapat berbagai macam versi.
  4. Naga merupakan makhluk multi dimensi, yang diam di dimensi berbeda di bumi, namun pada beberapa kesempatan makhluk ini muncul ke dimensi manusia berupa penampakan seekor hewan besar, namun karena cerita yang dipaparkan manusia di berbagai kebudayaan berbeda-beda, bukan tidak mungkin cerita mengenai naga adalah rekaan mereka semata, namun existensi makhluk ini tetap ada hingga saat ini sebagai makhluk ciptaan allah, SWT, dan menjadi bukti keagungannya.

nah Mengenai beberapa kemungkin diatas saya serahkan kepada para pembaca mana yang lebih cocok bagi anda, karena perbedaan pendapat hal yang wajar dalam kehidupan.

>>I.M<<



Tidak ada komentar:

Posting Komentar