Jumat, 14 September 2012

Salju di Planet Mars

Mars Reconnaissance Orbiter, Planet Mars ternyata mempunyai musim dingin seperti pada planet Bumi. namun perbedaannya adalah salju pada planet Mars terbuat dari karbondioxida beku seukuran sel darah manusia.

Hujan Salju terjadi planet Mars di kutub Selatan, salju yang terdapat di kutub selatan Mars tidak seperti salju yang terdapat di bumi karena salju disana yang terbuat dari karbondioksida bersifat kering tidak basah seperti yang ada pada planet Bumi. Biasanya puncak turunnya hujan salju di kutub Mars terjadi sekitar bulan Mars.Mars adalah satu-satunya planet yang dikenal di tata surya dengan kondisi atmosfer mampu memproduksi ini salju karbon dioksida yang sangat dingin. Salju di planet Mars juga jauh lebih dingin daripada di bumi yakni 6 kali lebih dingin daripada titik 0 derajat di planet kita.



Mars Snow
Foto dari NASA.

"Ini adalah deteksi  pertama awan salju karbon dioksida," kata Dr Paul Hayne dari NASA Jet Propulsion Laboratory, penulis utama studi tersebut, dalam sebuah pernyataan tertulis. "Kami tegas menetapkan awan terdiri dari karbon dioksida - serpihan udara Mars - dan mereka cukup tebal untuk menghasilkan akumulasi salju di permukaan."

Meskipun yang ditemukan Mars Reconnaissance Orbiter adalah temuan baru, namun dalam Journal of Geophysical Research-salju di Mars  ilmuwan telah mempelajari kemungkinan ini selama bertahun-tahun.
Pada tahun 2008, NASA Phoenix Lander terdeteksi hujan salju di wilayah utara planet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar