Jumat, 14 September 2012

10 Peradaban yang mengadakan Ritual Pengorbanan Manusia

Pernahkah mendengar peradaban Aztec di Meksico? Jika pernah maka anda pasti pernah mendengar tentang ritual pengorbanan manusia oleh bangsa Aztec. Nah ternyata bukan hanya bangsa Aztec lho yang mengadakan upacara pengorbanan manusia. Beberapa peradaban besar di berbagai penjuru dunia juga di ketahui melakukan Ritual pengorbanan manusia juga.

 

10. Kanaan (Caananites)- 3500 - 1100 SM. Adalah Istilah untuk peradaban kuno yang terletak di wilayah Timur Tengah tepatnya di Lebanon, Israel dan Palestina. Kanaan diambil dari nama nenek moyang bangsa tersebut yakni Kanaan yaitu Cucu dari Nabi Nuh AS. Setelah banjir besar, Kanaan dan kaumnya pindah ke wilayah dekat palestina dan Israel dan membuat peradaban baru. Sesembahan mereka adalah Dewa Moloch yakni dewa dari dunia kuno. Untuk menyenangkan Dewa mereka, maka mereka diharuskan mengorbankan anak-anak dalam sebuah Ritual pengorbanan yang diiringi jeritan tangis anak yang dikorbankan tersebut. Ada kabar burung yang menyatakan saat ini masih ada orang2 yang melakukan Ritual tersebut di era modern ini yang dilakukan oleh para organisasi rahasia di AS dimana anak-anak dikorbankan  dengan cara di bakar di depan patung dewa Moloch.

9. Aztec - 500 - 1500 M Pengorbanan Manusia merupakan suatu Ritual yang mereka lakukan untuk kegiatan keagamaan mereka. Namun dalam beberapa kasus terjadi pengorbanan besar-besaran, seperti pada saat tahun 1487 dimana saat itu dikorbankan ribuan orang untuk pembangunan Piramida Tenochtitlan, ada yang mengatakan saat itu dikorbankan sekitar 18000 orang, namun para sejarawan berpendapat hanya 2000 orang yang dikorbankan pada saat itu. Beberapa Prajurit Aztec menyerahkan diri mereka sendiri untuk dikorbankan karena merasa terhormat, namun sebagian besar orang yang dikorbankan adalah suku-suku jajahan di sekitar wilayah Aztec.8. Etruria - 800-100 SM Etruria adalah cikal bakal dari peradaban Romawi, terletak diantara kota Florence dan Roma, peradaban mereka banyak di pengaruhi oleh para pedagang dari Yunani,Oleh sebab itu banyak sekali ditemukan kemiripan antara bangsa Romawi dan Yunani karena pertukaran budaya pada masa peradaban Etruria. meski tidak dituliskan dalam catatan sejarah, namun dalam beberapa karya seni mereka di gambarkan tentang pengorbanan manusia.
7. Celtic - 800-1 SM - Celtic adalah peradaban kuno di tanah Britania raya. situs di seluruh Eropa menunjukkan tentang Bukti2 mereka melakukan upacara pengorbanan manusia. Mereka juga membakar orang hidup-hidup. 6. Roma - 753-510 SM - Satu abad sebelum Julius Caesar di nobatkan, Roma menghukum para penjahat dengan hukuman mati tanpa pengadilan karena mereka dianggap melanggar hukum yang telah diciptakan para dewa.5. Minoans - 2700 - 1450 SM - Adalah sebuah peradaban kuno di pulau Kreta, Yunani. Ada bukti pengorbanan manusia di tiga lokasi yang berbeda dari peradaban di pulau Kreta. Dalam satu situs, ditemukan seorang korban yang di korbankan ketika terjadi gempa.
4. Galia - 700-500 SM - Adalah peradaban dari bangsa Celtics yang menempati wilayah sekitar Prancis dan Swiss, mereka mengalahkan Romawi pada abad ke 3 sebelum Masehi. Sebelum dikalahkan oleh Julius Caesar dalam perang Galia. Tradisi pengorbanan mereka tidak berbeda jauh dengan yang mereka lakukan ketika berada di tanah Britania.
3. Carthaginians - 300-140 SM - The Carthaginians Afrika Utara atau lebih tepatnya Tunisia saat ini. mere enggan mengorbankan dengan mengorbankan anak-anak mereka sendiri - sehingga mereka sering membeli anak-anak untuk mengorbankan. Namun, pada saat krisis ekstrim seperti perang atau kekeringan, banyak sekali anak dari keluarga kaya akan dikorbankan.

2. Scythians - 700 SM - AD 600 - adalah nenek moyang dari bangsa Iran Saat ini, Scythians adalah penunggang kuda yang handal dengan keahlian memanah yang hanya bisa ditandingi oleh bangsa mongol. Namun mereka punya kebiasaan aneh ketika menang suatu peperangan, para tawanan perang mereka, mereka bunuh untuk kemudian mereka santap sebagai perayaan kemenangan mereka.

1. Chimu - 1000 AD-1476 Adalah peradaban di Amerika Selatan, mereka diketahui menyembah bulan dan sangat membenci matahari, hal inilah yang mungkin menjadi penyebab Invasi bangsa Inca yang begitu memuja matahari, mereka meyakini dewa bulan sangat senang dengan pengorbanan anak-anak mereka. Anak2 mereka yang masih Balita dikorbankan diatas kain bersama burung2 dan buah2an. Mereka juga mengorbankan nelayan untuk di ikat dan ditenggelamkan, pada tahun 2002 lebih dari 200 laki-laki ditemukan mati terikat dan tenggelam.


sumber :
http ://www.wikipedia.com
http://science.discovery.com/top-ten/2008/human-sacrifice/human-sacrifice.html

Image by google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar