Senin, 28 November 2016

Sachi Parere

Brazil adalah negara jajahan Portugis sejak awal abad ke 16, seperti halnya negara jajahan lain, seringkali terjadi pertukaran kebudayaan dari negara penjajah dan negara yang dijajah. Banyak pendatang dari negara koloni portugis di tempatkan di Brazil, termasuk budak-budak dari afrika yang didatangkan khusus untuk membantu pertanian disana.
Namun tidak jarang, budak-budak dari negara lain membawa berbagai macam cerita rakyat dari tempat asal mereka, dan cerita tersebut diadaptasi oleh masyarakat brazil dengan versi mereka salah satunya adalah Saci Parere, yakni laki-laki berkaki satu yang mempunyai topi merah ajaib.
Diceritakan bahwa di hutan-hutan brazil sering kali ditemui laki-laki dengan kaki satu ber topi merah menggenggam sebuah pipa rokok. Topi ajaib yang ia bawa berguna untuk teleportasi ketika dia sedang terdesak, maka ia akan menghilang tanpa jejak berkat kekuatan topi ajaibnya tersebut.



Masyarakat brazil percaya bahwa jika ada orang yang berhasi mencuri topi ajaib Saci Parere, maka Saci akan dapat mengabulkan permintaan orang tsb asalkan topinya di kembalikan. Namun tak jarang Saci berbohong dan menghilang ketika topi nya di kembalikan. Licik yah.. -_-‘
Sikap yang ditunjukan oleh Saci Parere memang tidak begitu mengganggu namun, kadang membuat jengkel para petani di Brazil karena sifatnya yang jahil seperti mencuri mainan, mengganggu ternak, menumpahkan garam, dan sifat2 jahil lain. Oleh karena itu masyarakat brazil menyebut mereka dengan setan pengganggu.
Namun tidak ada kerugian besar yang diciptakan oleh Saci, untuk menangkalnya, masyarakat brazil memanggil pendeta untuk melakukan ritual mengusir Saci Parere dari perkampungan mereka. Selain itu Saci juga punya kelemahan yakni takut akan air, mungkin karena dia hanya berkaki satu, maka ia takut tenggelam dalam air.  

Makhluk yang aneh 0_o 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar