Senin, 28 November 2016

Barong

Tarian barong di bali merupakan salah satu tarian tradisional di indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Merupakan simbolik dari peperangan antara kekuatan baik yang diwakili oleh Barong yang berbentuk singa melawan kekuatan jahat yang diwakili oleh Rangda yang berbentuk Leak.
Alkisah, pada abad ke 11 di pulau bali, terjadi konflik di keluarga kerajaan antara Ibunda raja Airlangga yang bernama Ratu Mahendraratta melawan Raja bali Udayana suaminya sendiri. Raja Udayana murka kepada Istrinya karena mempelajari Ilmu Hitam. Raja Udayana pun menceraikan Ratu Mahendradatta.


Image result for barong
Ratu Mahendradatta yang menjadi janda setelah di ceraikan Raja Udayana pun sakit hati dan terluka dan berniat untuk membalas dendam kepada seluruh kerajaan. Istilah Rangda yang melekat pada Ratu Mahendradata merujuk kepada bahasa Jawa yang berarti Janda karena Ratu Mahendradatta msih berdarah jawa. Ratu Mahendradatta pun menyusun strategi dengan Ilmu hitamnya untuk menyerang seluruh kerajaan. Dia yang terkenal dengan pemujaannya kepada Durga memanggil seluruh Roh-roh jahat dari hutan, pertempuran gaib pun terjadi sangat sengit, namun para petinggi kerajaan tak mampu menangkal kekuatan gaib dari Mahendradata karena kekuatannya sangat kuat. Raja Airlangga pun meminta bantuan kepada Barong, Makhluk dari alam gaib yang berbentuk siluman singa yang dikenal sebagai salah satu Raja Jin di bali.
Raja Airlangga yang telah bergabung dengan Barong pun menyerang balik Mahendradata. Ketika pertempuran terjadi melawan Mahendradata, pasukan airlangga terkena mantra yang membuat para prajurit kerajaan hendak bunuh diri. Para prajurit kerajaan pun mencabut kerisnya dan hendak menusuk dirinya sendiri terkena efek dari mantra bunuh diri  Mahendradata. Beruntung Barong membuat para anggota pasukan kerajaan menjadi kebal terhadap senjata tajam. Setelah pasukan mereka kebal, Airlangga pun langsung menyerang kediaman Mahendradata dan berhasil mengalahkannya.

Itulah cerita dibalik tarian barong dari bali yang menggambarkan peperangan antara kekuatan jahat dan baik. Indonesia memang kaya akan budaya, Bahkan Tarian Barong dari bali ini sudah sangat di kenal bahkan di dunia Internasional lho. Mari kita jaga dan lestarikan warisan budaya indonesia klo bukan kita siapa lagi. ^_^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar