Jumat, 07 November 2014

Kota Kuno Teotihuacan

Meksiko, negara amerika tengah yang satu ini memang terkenal sebagai pusat peradaban masa lampau dan menjadi magnet bagi para arkeolog seluruh dunia. Di negara inilah peradaban Aztec pernah eksis ribuan tahun silam.

Salah satu situs yang paling terkenal di negeri ini adalah situs Kota kuno Teotihuacan yang eksis jauh sebelum peradaban Aztec berdiri pada abad ke-14. Beberapa saat yang lalu, Tim Arkeologi yang berasal dari negara tersebut menemukan sebuah peninggalan besar di dalam kota kuno Teotihuacan.
kota kuno teotihuacan


Peninggalan berupa kayu, kerang, biji-bijian, dan tuang belulang tersebut ditemukan di dalam sebuah terowongan yang telah ditutup hampir 2.000 tahun yang lalu.

Hal ini berawal ketika sembilan tahun 9 tahun silam. Saat itu mereka menggali gunungan tanah dan batu yang keluar dari dalam terowongan. Di dalam terowongan juga terdapat tanda-tanda sesaji yang biasanya diperuntukan untuk kaum elite peradaban tersebut.

Puncak kejayaan Teotihuacan antara 100SM s.d 750 SM sebelum Kerajaan Aztec berdiri.
Teotihuacan lama mendominasi kawasan Meksiko tengah dan mencapai puncak kejayaan antara tahun 100 Sebelum Masehi dan 750 Masehi.

Para ahli meyakini Kota kuno Teotihuacan dihuni kurang lebih 100.000 orang. Akan tetapi eksistensi nya meredup seiring berjalannya waktu. Meninggalkan peninggalan sebuah kota Kuno yang masih berdiri hingga hari ini.


Sumber : bbc.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar