Sabtu, 06 Juli 2013

Jembatan Ancol.

Kawasan ancol memang selalu menarik untuk dikupas, disamping kawasan pariwisatanya yang khas, di ancol juga terdapat mitos yang telah dikenal luas oleh masyarakat indonesia. mitos mengenai penampakan hantu wanita penghuni jembatan ancol memang sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat indonesia yang ingin mengunjungi kawasan wisata tersebut. Sebenarnya banyak kisah misteri yang terjadi di kawasan ini, namun penulis hanya akan mengupas salah satu kisah saja mengenai penampakan hantu wanita dari jembatan ancol tersebut.

Image

Berikut ceritanya.
Sore itu gerimis turun perlahan menemani perjalanan royani, sang pendayung perahu penyeberangan di kawasan ancol yang saat itu masih berupa daerah rawa-rawa dan semak belukar dan sungai-sungai kecil karena presiden soekarno yang masih masih menjabat kala itu belum membangun kawasan ancol sebagai kawasan pariwisata seperti saat ini.
Royani yang berprofesi sebagai pendayung perahu penyebarangan menyusuri sungai perlahan menggunakan rakit tradisionalnya. Hal ini biasa dilakukan tiap hari sebagai mata pencahariannya untuk menghidupi keluarga kecil yang telah ia bina beberapa puluh tahun yang silam.
Pria paruh baya itu mulai beranjak pulang, karena hari mulai gelap dan adzan mulai berkumandang dari surau-surau terdekat.
Namun, dari kejauhan terdengar samar-samar suara seorang wanita memanggilnya.
"Abang, perahu"
"Oh iya neng sabar sni saya anterin."
Sepinya penumpang yang memakai jasanya hari ini membuatnya tetap bersemangat, karena di kantongnya hanya tersisa beberapa rupiah saja untuk biaya makan keluarganya sehari.
"emang darimana, kok baru pulang?" Sapa royani
"Dari rumah nenek, hehehe."
"Owh, kok sendirian?, emang gk ada yang nganter?"
"Udah beberapa kali kok bang, jadi udah mulai terbiasa."
"Owh syukur deh hati-hati atuh hari udah mulai gelap takut ada orang jahat"
"Iya bang, makasih"
Beberapa menit mendayung tak lagi dirasakan oleh royani, karena ototnya terbiasa mendayung hingga berjam-jam menyusuri sungai kecil dan kawasan berawa-rawa daerah ancol.
"Udah bang sampe sini aja"
"Owh, kok turun disini sih neng, kan sepi bgt, gk takut?"
"ga bang, rumah saya gk jauh dari sini. ini ongkosnya, makasih banyak ya bang."
"Iya sama-sama neng"
Royani pun dengan tenang mendayung kembali ke arah kampungnya. Namun dalam perjalanan, ia heran karena kantongnya terasa basah. Royani perlahan merogoh kantongnya, betapa terperanjat ia menyaksikan uang yang diberikan wanita tadi hanyalah berupa kerikil-kerikil sungai yang basah. Perasaan takut menghinggapinya dan membuatnya hampir pingsan.

Itulah sekelumit kisah dari daerah ancol tempo dulu yaitu sekitar tahun 1960an. Sebenarnya banyak kisah mengenai penampakan hantu wanita dari kawasan ancol. Masyarakat setempat menyebutnya dengan hantu si manis dari jembatan ancol. Hantu wanita penasaran yang diakibatkan oleh meninggalnya seseorang karena sebab tidak wajar. Beberapa sumber mengatakan bahwa mariyam si hantu jembatan ancol tewas karena sebab pemerkosaan.

meskipun belum ada catatan resmi mengenai kematian mariyam, namun bukan tidak mungkin legenda si manis jembatan ancol tersebut berasal dari kejadian nyata. mengingat rawannya kawasan ancol tempo dlu akan tindak kejahatan.

Penampakan hantu wanita dari jembatan ancol memang booming pada tahun 80-90an, bahkan sempat dibuat drama serialnya disalah satu stasiun TV terkemuka di indonesia. Namun sebenarnya, hantu wanita yang sering eksis di daerah ancol sebenarnya telah lama ada.

Bahkan sebelum tahun 1960an saat kawasan ancol belum dibangun kawasan pariwisata. Saat itu ancol adalah daerah rawa-rawa dan hutan yang penuh dengan semak belukar, dengan perkampungan-perkampungan kecil di sekitar kawasan tersebut. Hutan-hutan sepi dan kosong memang biasa dijadikan sarang bagi makhluk tak kasat mata. Oleh karena itu tidak heran jika di daerah ini sering terjadi penampakan makhluk astral, karena memang sebelum dibangun menjadi kawasan pariwisata, kawasan ini adalah tempat yang tidak berpenghuni dan kemungkinan besar tempat berkumpulnya makhluk astral.
Jadi mengenai rumor maryam penunggu jembatan ancol, menurut saya pribadi, hanyalah pelengkap dari misteriusnya kawasan ancol tersebut. Karena tanpa kematian maryam yang terbunuh di jembatan ancol sekalipun, kawasan ini memang dari zaman dahulu memang angker, kawasan yang mungkin dipenuhi jin baik laki-laki maupun perempuan, karena kawasan ini dahulu adalah rawa-rawa hutan yang penuh dengan semak belukar. tempat yang ideal bagi berkumpulnya makhluk2 astral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar