Rabu, 04 April 2012

Mengenang 100 Tahun Kapal Titanic.




Kapal Titanic sebelum berlayar



Pernahkah anda menonton Film Titanic?? jawabannya pasti pernah baik itu dibioskop, DVD, Televisi, bahkan layar tancap sekalipun pasti prnh menayangkan salah satu film terbaik sepanjang masa. Film yang digarap oleh sutradara kondang Hollywood itu sukses besar setelah menyabet berbagai penghargaan seperti Piala Oscar, ataupun yang lain. Paket yang ditawarkan sutradara berupa kisah romantis ditengah aksi action merupakan sajian tak terlupakan bagi penonton. Tahukan anda??15 April bulan ini adalah 100 tahun tenggelamnya kapal legendaris tersebut. Dalam film Titanic sendiri di ceritakan seorang pemuda bernama Jack dawson adalah seorang pria miskin, ia bersama seorang temannya mempunyai impian berlayar menaiki kapal super mewah. Namun, bagi Jack yang hanya seorang pemuda serabutan, berlayar mengarungi lautan dengan kapal sebesar Titanic hanyalah sebuah khayalan kosong. Namun semua itu segera berubah ketika ia mendapatkan tiket kapal Titanic impiannya, walaupun harus susah payah mendapatkan tiket tersebut lewat judi yang sangat berbau keberuntungan, Namun jack segera bergegas menuju kapal dan segera memulai petualangan terbesar yang pernah ia alami.
Selama petualangannya di dalam kapal Titanic, ia bertemu seorang gadis yang bernama Rose Dewit Ducater(Kate Winslet). Rose yang berlatar belakang orang terpandang, terpana dengan kepribadian dan kehangatan yang dimiliki Jack. Walaupun Jack hanya seorang pemuda serabutan, namun kehadiran Jack telah memberikan warna dalam hidup Rose. Jack dan Rose pun saling jatuh cinta satu sama lain. 

Leonardo Dicaprio sbg Jack
Kisah Cinta Jack dan Rose tak semudah yang mereka harapkan, karena disisi lain Rose telah mempunyai seorang tunangan bernama Cal Hockley(Billy Zane). Jack harus menghadapi Cal yang tidak terima tunangannya memadu kasih dengan pemuda kelas rendah seperti Jack. Hingga detik-detik terakhir perjuangan cinta yang mereka berdua jalani di dalam kapal Titanic mereka harus berjibaku dengan maut, Jack dan Rose harus menyelamatkan diri dari percobaan pembunu shan yang dilakukan oleh Cal, bahkan Jack hampir tenggelam dalam ruang kelas III saat diborgol oleh Cal dan anak buahnya. Beruntung Jack diselamatkan oleh Rose. Hingga detik2 terakhir tenggelamnya kapal menjadikan salah kisah ini menjadi satu kisah paling romantis dan tak terlupakan sekaligus tragis, dan mencapai klimaks saat Jack tenggelam ke dasar samudera atlantik.

Fakta di Balik Misteri tenggelamnya kapal Titanic.
Pada tanggal 10 April 1912, RMS Titanic berlayar dari pelabuhan Southampton menuju Newyork. Titanic adalah sebuah kapal besar dan dengan Fasilitas super mewah. Memiliki panjang 296 Meter, berbobot 46.328 Ton,   dan lebar 28 Meter. Saat berlayar tinggi dari permukaan air ke geladak mencapai hingga 16-18 meter.  Ketika melihat Ukuran, teknologi, serta anggaran yang dihabiskan untuk membuat kapal Titanic, membuat sang pemilik kapal sesumbar bahwa kapal yang ia bangun tidak akan bisa tenggelam. 
Namun pendapatnya berubah seketika, disaat minggu, 14 April 1912 tepatnya pukul 23.40 Zona Waktu Atlantik,  kapal Titanic menabrak bongkahan es besar di bagian depan. sehingga Kapal ini perlahan-lahan tenggelam 2 jam kemudian. Berikut detik2 tenggelamnya Titanic menurut James Cameroon sutradara Film Titanic.



Beberapa detik Sebelum Menabrak Es.

Bagian depan kapal menabrak Es sehingga menimbulkan lubang2 yang mengakibatkan air masuk ke dalam kapal

Perlahan air masuk di bagian mesin depan kapal

Perlahan kapal tenggelan dengan posisi Diagonal


Dalam Film Titanic

Karena tak kuat menahan beban, kapal pun patah tepat di bagian tengahnya.

Adegan terbelahnya kapal Titanic





Setengah badan Titanic dalam Posisi Vertical
Posisi Vertcal dalam film saat orang2 berjatuhan dari bagian kapal yang tersisa

Jack dan Rose saat detik2 tenggelamnya kapal Titanic
Saat Titanic tenggelam.



Scene Titanic saat Jack tenggelam. (ngetik sambil nahan nangis. :'). Img by:google.





Pasca tenggelamnya kapal Titanic tercatat 1500 orang tewas, kebanyakan dari mereka tenggelam dan mengalami Hypotermia karena dinginnya suhu laut saat itu. Namun tidak sedikit jga penumpang yang selamat dan mengapung diatas sekoci. Para korban selamat itu kemudian diselamatkan oleh kapal yang melintas dan tim penyelamat. Tenggelamnya kapal Titanic pada malam itu menjadikan kemegahan kapal Titanic tersebut tinggal sebuah kenangan.

Nah itulah detik2 saat tenggelamnya Kapal Super mewah RMS Titanic. Sesungguhnya manusia dan kepandaiannya takan pernah mampu melawan Takdir yang telah digariskan Tuhan. Jadikan kisah tenggelamnya kapal Titanic diatas sebagai pelajaran agar kita selalu ingat kepada Tuhan, dan dijauhkan diri kita dari segala sifat sombong, karena tuhan berkuasa atas segalanya jauh diluar jangkauan pemikiran manusia. 


Tambahan :

Profil Lengkap Kapal Titanic.
Nama Lengkap : RMS Titanic
Panjang             : 269 meter
Lebar                : 28 Meter
Tinggi                : + dari permukaan air ke geladak 18 Meter. tdk trmsuk  tinggi cerobong skitar 19 Meter. 
Berat                 : 46.328 Ton
Bahan Bakar     ; Batu Bara, dengan 29 Buah Ketel UAP dan dipanaskan 129 Buah perapian
Kecepatan Max: 23 Knot. 
Dibuat               : 31 Maret 1909
Prtma kali brlyr : 10 April 1912, Southampton, Inggris.
Tenggelam        : bertabrakan dngn bongkahan Es 14 April 2012 23:40, Tenggelam 15 april 1912 skitar .............................02:00
Kapten               : Edward John Smith
Pemilik               : JP. Morgan, White Star Company


Sumber : www.google.com, www.nationalgeographic.com, www.wikipedia.com
Img      : www,youtube.com 
Ilustrasi : James Cameroon

2 komentar: