Senin, 09 April 2012

Malleus Maleficarum/Palu Penyihir salah satu buku paling terlarang di dunia.

Pada abad ke 15, terjadi krisis kemanusiaan di eropa. Saat itu wanita2 yang dituduh penyihir disiksa, dibunuh, bahkan dibakar hidup2. Hal tersebut terjadi hingga 2 abad kemudian. Malleus Maleficarum adalah buku yang ditulis oleh Henry Kraemer dan Jacob Spraenger yang berisi tentang tata cara pemberantasan para penyihir pada abad ke 15. Di dalam buku ini tertulis berbagai tuduhan2 yang berisi praktek sihir yang dilakukan para wanita penyihir, seperti  mantra2 jahat, hingga praktek2 sihir yang mereka lakukan seperti cara mengubah seseorang menjadi gila, dsb.

Maleficarum berasal dari bahasa latin yang berarti penyakit, kutukan, atau segala sesuatu yang berkonotasi dengan hal-hal buruk, seperti wabah, kegagalan panen, dsb. Kata Maleficarum sendiri dipakai oleh JK Rowling dalam Buku Harry Potter sebagai seorang tokoh Antagonis bernama Draco 
Malfoy, berasal dari kata Maleficarum yang berarti sesuatu yang jahat. Mungkin penulis Harry Potter itu terinspirasi oleh buku yang diterbitkan oleh Henry Kraemer yang berjudul Malleus Maleficarum.
Henry Kraemer adalah seorang anggota Ordo Dominikan, sebuah Ordo penyiar Injil di eropa, Henry  juga adalah seorang penginjil yang rajin. Namun saat itu ia menghadapi seorang yang dituduhnya penyihir wanita dalam sebuah pengadilan. Dan karena tidak ada bukti, maka penyihir wanita tersebut dilepaskan dari segala tuduhan di pengadilan.

Mulai saat itulah Henry sangat membenci segala praktek sihir yang dilakukan oleh para wanita penyihir pada zaman itu. Namun karena ketidak berdayaannya, dan sangat sulitnya membuktikan ilmu sihir dalam pengadilan, maka Henry berinisiatif menuangkan pemikirannya akan kebencian terhadap sihir dalam sebuah buku. Buku itu dibuat pada tahun 1485 dan dipublikasikan pada tahun 1486 di jerman.
Dapatkan Lanjutan Artikel ini dalam buku investigasi misteri yang bisa kamu dapatkan di toko-toko buku terdekat di kota kamu. ^_^





Untuk pemesanan online silakan klik
Website Agromedia : Agromedia : Investigasi Misteri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar